10 Agustus 2010

Cara Buat Merawat Flash Disk

Saat ini perkembangan teknologi sudah sangat maju. Rasanya tidak berlebihan jika saya mengatakan demikian. Lihat saja contoh kecilnya, kalau dulu untuk menyimpan file-file yang ingin kita ambil atau pindahkan antara computer satu dengan yang lain kita menggunakan disket. Namun kapasitas penyimpanannya hanya beberapa Megabite (Mb) saja.
Tapi sekarang sudah banyak media penyimpanan data selain disket, dan tentu saja dengan kapasitas yang cukup besar tentunya. Diantaranya chip memori, hardisk external dan juga flashdisk.

Nah, dari jenis-jenis media penyimpanan itu flashdik menjadi pilihan yang banyak digunakan. Alasan praktis sebenarnya, bahwa flash disk lebih ringan dan mudah untuk dibawa kesana-kemari. Kapasitas pemyimpanannya juga cukup besar.

Namun jangan kita melupakan satu hal, bahwa flash disk juga menjadi rentan dengan kerusakan karena penggunaan yang tidak tepat. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk merawat flas disk agar umurnya panjang:





  • Jangan terkena air/ tumpahan air.
  • Jauhkan dari medan magnet seperti speaker besar, televise.
  • Biasakan mencabut flash disk pada saat yang aman.
  • Usahakan selalu men scan flash disk dengan antivirus yang terupdate.
  • Jauhkan dari tempat panas dan jangan sampai kena benturan keras.
  • Selalu tutup kembali.

Oya, ada lagi. Menurut para ahli jangan suka bekerja secara langsung melalui flash disk seperti mengedit dokumen atau menjalankan program portable. Karena akan mengurangi usia pemakaian flash disk anda.



Yah, itu saja sekedar tips ringan merawat flash disk. Kalau ada yang kurang, mohon ditambahkan ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Komentarnya Yah...