16 Agustus 2010

Pengertian Nama Domain

Sebelum menjadi seorang blogger, hal yang harus dilakukan setelah memiliki email adalah domain. Oya, anda tahu kan apa itu domain? Sebagai blogger baru juga pasti ada yang belum mengerti.

Pengertian Nama Domain menurut Wikipedia
Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server computer seperti web server atau email server di jaringan computer atau internet.


Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain itu juga dipakai untuk pengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit atau biasa disebut IP address.

Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “Wikipedia.org”. nama domain juga kadang disebut dengan istilah URL atau alamat website.

Contoh:
Alamat IP server tempat meletakkan file web/ blog kita adalah 76.166.93.86, sebenarnya kita dapat mengetikkan angka-angka tersebut langsung pada browser untuk mengakses web/ blog kita. Hanya saja hal ini tentu akan mempersulit pengunjung karena harus mengingat angka-angka tersebut.

Nah, untuk itu diperlukan domain guna menggati deretan angka-angka tersebut agar gampang diingat. Misalnya: namadomain.com lebih mudah diingat dari pada 76.166.93.86

Sedangkan menurut saya, domain name itu adalah nama web/ blog. Contohnya carabuatapasaja.blogspot.com.

Hehehe simple ya, tenang saja untuk menjadi seorang blogger kita tidak dituntut untuk mengetahui banyak hal-hal rumit itu. Kalau sekedar tahu, tidak apa-apa juga.

Yup, itu saja untuk kali ini mudah-mudahan bisa bermanfaat.
Salam – Cara Buat Apa Saja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Komentarnya Yah...