24 Agustus 2010

Bertengkar Itu Sehat?

Salam sahabat blogger sekalian, apa kabar?

Kebettulan saya menemukan sesuatu yang tidak seperti biasa. Cukup unik memang kalau dipikir, mengingat hal ini bisa saja terjadi pada masing-masing orang baik disengaja maupun tidak.

Oya, anda pernah berbeda pendapat dengan sesorang yang menyebabkan terjadinya perang mulut yang cukup sengit? Saya yakin sebagian besar dari anda pasti menjawab “ya”. Tapi walaupun begitu, ternyata bertengkar memiliki efek yang tersembunyi.

Kenapa bisa begitu?

Hasil penelitian tim Institute for Social Research University of Michigan, Amerika Serikat, mengungkap, ketika seseorang menghindar dari ketegangan cenderung berdampak buruk pada kesehatannya.

Menghindari adu argumen dikaitkan dengan masalah kesehatan fisik, juga perkembangan hormon kortisol pemicu stres yang abnormal sepanjang hari. Untuk itu jangan segan untuk beradu argumen termasuk juga dengan kekasih anda.

"Hubungan memiliki pengaruh penting terkait apa yang kita rasakan sehari-hari, terutama dalam menyelesaikan masalah," kata salah satu peneliti, Kira Birditt, seperti dikutip dari MSNBC.

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa pasangan menikah yang menghindari adu argumen, meninggal lebih cepat dibandingkan dengan pasangan yang sering beradu argumen. Kalau yang ini saya berharap tidak terjadi pada saya dan anda.


Studi lain menemukan, mengekspresikan kemarahan memberikan kontribusi pada kemampuan mengontrol dan optimisme yang tidak dimiliki mereka yang penakut. Peneilitian ini dipresentasikan 12 Agustus lalu di 'Annual Convention of the American Psychological Association' ke-11.

Hehehe bagaimana pendapat anda tentang hal ini?

Semoga bermanfaat
Salam – Cara Buat Apa Saja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Komentarnya Yah...