25 Agustus 2010

Cara Buat Memilih Link Berkualitas Bag. I

Tentang SEO nih sahabat blogger. Semoga saja bisa sedikit berguna buat saya dan anda. mengingat masih belum tahu banyak, tapi setelah mengamati saya simpulkan saja seperti ini. Kalau ada yang kurang atau salah, mohon koreksinya yah.

Link adalah bahan bakar SEO, seperti gas yang mungkin memiliki sebuah nilai. Jika berkendaraan dengan bahan bakar yang sedikit, tentulah jarak tempuhnya tidak terlalu jauh. Hal ini juga seperti halnya dengan link. Anda memerlukan kekuatan link yang berkualitas untuk membuat blog anda terkenal.

Nilai dari setiap link tergantung dari berbagai factor yang menetukan apakah link tersebut membantu optimasi blog anda atau malah memperlambat anda.

Untuk itu, mari kita lihat factor-faktor yang berpengaruh untuk menaikkan nilai SEO dan menilai calon tukaran link anda.

Faktor-faktornya dapat kita bagi menjadi 3 bagian. Isi dari link itu sendiri (factor link), kualitas halaman dimana link itu ditempatka (factor halaman) dan domain tempat kita bertukar link (factor domain).

Kita akan menguraikan ketiga factor tersebut. Namun, kali ini saya akan menyampaikan factor yang pertama dulu yaitu factor link.

Faktor Link
Anchor Text
Memiliki kata kunci yang baik dan relevan, akan membantu dalam mendapatkan peringkat di mesin pencari. Sebaiknya anchor text dibuat bervariasi untuk memastikan hal itu terlihat alami.
Dofollow VS Nofollow
Secara pasti, saya juga tidak tahu yang sebenarnya. Tapi menurut sebagian ahli apabila sumber link memiliki atribut nofollow maka mesin pencari tidak akan menghitungnya. Sebagian ahli yang lain mengatakan bahwa memiliki link nofollow juga memberikan kontribusi.
Jenis Link (gambar atau teks)
Link teks lebih berharga dan bernilai daripada link bergambar, meskipun kedua-duanya memiliki fungsi yang sama. Namun, link teks lebih sering untuk diklik orang daripada link bergambar.

Usia Link
Semakin lama usia link yang diberikan maka semakin baik untuk kita.

Lokasi Link
Link yang ditempatkan pada posisi utama akan mendapatkan nilai lebih. Nilai dari link footer atau sidebar dikatakan telah mendevaluasi dari waktu ke waktu, walaupun masih memberikan kontribusi.

Timbal Balik/ Satu Arah
Biasanya lewat program tukaran link. Entah apapun itu, tapi dengan saling memberikan link lebih berharga karena berasal dari sumber yang sesuai.

Oke, itu factor pertama dari ketiga factor yang mempengaruhi kualitas link. Factor yang kedua dan yang ketiga akan saya publish nanti. Jika ada yang keliru, mohon komentarnya yah.

Semoga bermanfaat.
Salam – Cara  Buat Apa Saja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Komentarnya Yah...