22 Agustus 2010

Kontrol Asupan Gula Saat Berbuka Puasa

Banyak dokter dan para ahli yang menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis. Terlebih lagi disaat bulan puasa, kolak, es, kue-kue dan lain sebagainya tersaji di meja makan sebagai santapan saat berbuka puasa.

Walaupun sangat dianjurkan, namun lebih baik kita mengontrolnya agar kadar gula tidak meningkat dan puasa juga menjadi lebih enjoy.

Kenapa asupan gula perlu dikontrol juga saat berbuka Puasa? Nah, berikut ini ada beberapa fakta menarik seputar gula:


  • Gula Suka Bersembunyi.
    Gula yang sering kita konsumsi seperti sukrosa, fraktosa, madu, dan gula jagung ternyata bisa menggangu kesehatan jika dikonsumsi dalam waktu lama. Hal itu karena kandungan kalorinya mencapai 15%.

  • Gula Dapat Memicu Penyakit.
    Gula sederhana yang sering kita konsumsi ternyata juga bisa memicu penyakit lain selain diabetes. Seperti asma, gangguan saraf, hipertensi, jantung  dan radang sendi.

  • Menimbulkan Efek Insulin.
    Gula meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, hal itu menghambat hormon pertumbuhan dan menekan sistem imunitas dalam tubuh. Terlalu banyak insulin juga memicu peningkatan kolesterol jahat yang bisa menimbulkan penyakit kardiovaskular.


  • Dapat Menyebabkan Penyakit Degeneratif.
    Gula sebenarnya tidak mengandung nilai nutrisi (mineral, vitamin dan serat). Mengonsumsinya secara berlebihan membawa efek buruk pada sistem endokrin dan memicu penyakit degenerative.
Wow, kedengarannya cukup mengejutkan ya. Tidak terlihat seperti yang di amati, saya harap dapat bermanfaat untuk anda
Salam – Cara Buat Apa Saja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Komentarnya Yah...